Senin, 13 Juli 2020
Agung Pratnyawan : Rabu, 27 Maret 2019 | 17:30 WIB

Hitekno.com - Pasar smartphone murah sangat ramai, terutama untuk kelas menengah. Ada persaingan antara Redmi Note 7 vs Samsung Galaxy J6 Plus yang menarik untuk disimak.

Smartphone Samsung Galaxy J6 Plus lebih dulu hadir ke Tanah Air untuk kelas menengah. Produsen smartphone asal Korea Selatan ini memasangkan banyak teknilogi menarik.

Tak kalah menariknya, smartphone Redmi Note 7 dibawa Xiaomi ke Indonesia dengan harga menarik. Walau sebagai smartphone murah, Redmi Note 7 punya sepesifikasi tinggi.

Dalam peluncurannya sendiri, nampak Xiaomi Indonesia dengan percaya dirinya membandingkan antara Redmi Note 7 vs Samsung Galaxy J6 Plus.

Mana yang lebih menarik antara kedua smartphone kelas menengah ini. Apakah smartphone Samsung, atau smartphone Redmi si penantang baru?

Berikut ini pembahasan dan perbandingan spesifikasi Redmi Note 7 vs Samsung Galaxy J6 Plus yang dikumpulkan tim HiTekno.com.

Dapur Pacu

Smartphone Redmi Note 7 dibongkar. (Mi.com)

 

Smartphone Samsung Galaxy J6 Plus hadir dengan chipset Qualcomm Snapdragon 425. Jelas bukan saingan dari Snapdragon 660 yang dipakai Redmi Note 7.

Beruntung Samsung Galaxy J6 Plus masih memakai layar beresolusi HD+, sehingga tidak terlalu memberatkan saat bermain game.

Karena itu, Samsung Galaxy J6 Plus masih bisa memainkan game kekinian. Walau tidak akan selancar smartphone Redmi Note 7 dalam memainkan game.

Selain itu, Redmi Note 7 juga telah menjalankan Android 9 Pie. Sedangkan Samsung Galaxy J6 Plus masih memakai Android 8.1 Oreo.

Layar

Redmi Note 7 vs Samsung Galaxy J6 Plus. (HiTekno.com)

 

Smartphone Redmi Note 7 memakai panel IPS berukuran 6,3 inci dengan resolusi FullHD+ 1080 x 2340. Layar ini mendapatkan perlindungan dari Corning Gorilla Glass 5.

Sedangkan Samsung Galaxy J6 Plus memakai panel IPS 6,0 inci dengan resolusi HD+ 720 x 1480. Sayangnya tidak diketahui layar ini mendapatkan perlindungan apa.

Layar pada Redmi Note 7 terdapat poni mungil sebagai tempat untuk kamera selfie. Sedangkan Samsung Galaxy J6 Plus bersih dari poni.

Desain dan Material Body

Redmi Note 7 vs Samsung Galaxy J6 Plus. (HiTekno.com)

 

Smartphone Redmi Note 7 jelas terlihat lebih menarik dengan bahan kaca di bagian belakang. Dan kaca ini dilindungi Corning Gorilla Glass 5.

Namun sayangnya, frame dari smartphone ini memakai bahan plastik. Soal kekuatan, Redmi Note 7 teruji kuat diinjak. Namun gagal di bend test oleh JerryRigEverything.

Sedangkan Samsung Galaxy J6 Plus memakai body berbahan plastik. Menariknya, bahan plastik yang dipakai Samsung terasa tetap premium tidak terasa murahan.

Dari segi desain, Samsung Galaxy J6 Plus hadir dengan tampang minimalis. Sedangkan Redmi Note 7 terlihat mencolok dengan warna dari bahan kacanya.

Baterai dan Charger

Smartphone Redmi Note 7. (Mi.com)

 

Redmi Note 7 jelas lebih menarik dengan baterai berkapasitas 4.000 mAh yang mendukung teknologi fast charging atau pengisian daya cepat.

Charger yang dipakai Redmi Note 7 ini memakai teknologi Quick Charger 4.0 9v/2a 18 watt. Ditambah sudah memakai port USB type-C.

Berbeda dengan Samsung Galaxy J6 Plus yang memakai baterai berkapasitas 3.300 mAh. Smartphone ini belum mendukung fast charging dan masih memakai micro USB.

Kamera

Redmi Note 7. (Xiaomi)

 

Redmi Note 7 hadir menawarkan kamera 48 MP f/1.8 dengan Gyro-EIS dan 5 MP sebagai depth sensor di bagian belakang. Dan kamera selfie 13 MP f/2.2.

Terlihat menarik, namun sebagai catatan sensor 48 MP yang dipakai Redmi Note 7 ini buatan Samsung yang sebenarnya tidak murni 48 MP.

Sedangkan Samsung Galaxy J6 Plus yang memakai kamera 13 MP f/1.9 dan 5 MP sebagai depth sensor. Juga dilengkapi kamera selfie 8 MP.

Tetap saja, kamera belakang maupun depan Redmi Note 7 lebih menarik dibandingkan dengan kamera Samsung Galaxy J6 Plus.

Harga

Redmi Note 7 dibandingkan kompetitor. (Mi.com)

 

Harga Redmi Note 7 versi RAM 3 GB + 32 GB sebesar Rp 1.999.000. Sedangkan harga versi Redmi Note 7 versi RAM 4 GB + 64 GB sebesar Rp 2.599.000.

Sedangkan harga Samsung Galaxy J6 Plus versi RAM 3 GB + 32 GB sebesar Rp 2.399.000. Harga Samsung Galaxy J6 Plus versi RAM 4 GB + 64 GB sebesar Rp 2.799.000.

Meski Redmi Note 7 lebih murah, namun di awal penjualannya baru tersedia secara flash sale di situs eCommerece tertentu.

Sedangkan Samsung Galaxy J6 plus sudah tersedia secara offline di jaringan penjualan Samsung Indonesia yang lebih luas.

Kesimpulan

Redmi Note 7 vs Samsung Galaxy J6 Plus. (HiTekno.com)

 

Nampak terlihat Redmi Note 7 lebih menarik dari berbagai aspek. Dari spesifikasi hingga harga yang lebih murah dan warna yang lebih mencolok.

Namun Samsung Galaxy J6 Plus tetaplah menarik buat penggemar brand asal Korea Selatan ini. Dan buat kamu yang tidak mau ribet sama flash sale.

Itulah perbandingan spesifikasi antara Redmi Note 7 vs Samsung Galaxy J6 Plus yang sudah resmi dijual di Tanah Air. Mana yang jadi pilihanmu?

BACA SELANJUTNYA

Wireless Charger Samsung Ini Diklaim Bisa Sterilkan HP, Inovatif!