Selasa, 22 September 2020
Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia : Selasa, 26 Maret 2019 | 11:30 WIB

Hitekno.com - Oppo begitu produktif dalam beberapa bulan ini untuk merilis perangkat anyarnya. Dua di antaranya adalah Oppo A5s dan Oppo A3s. Jika kamu tertarik mencoba dua perangkat ini, sepertinya ulasan perbandingan Oppo A5s dan Oppo A3s di bawah ini perlu kamu simak.

Mengenai tanggal perilisannya, Oppo A3s sudah dirilis lebih dulu jika dibandingkan dengan Oppo A5s.

Masih membawa ciri khas smartphone Oppo, Oppo A5s dan Oppo A3s sama-sama memiliki bentuk serupa dengan layar lebar dan poni kecil bermodel waterdrop.

Yang membedakan kedua perangkat ini hanya ada pada dapur pacu yang digunakan. Oppo rupanya punya pandangan tersendiri mengenai dua chipset berbeda yang digunakan Oppo A5s dan Oppo A3s.

Soal harga juga Oppo A5s dan Oppo A3s dibanderol dengan harga yang tidak jauh berbeda dan tentunya cukup ramah di kantong penggunanya.

Tidak banyak menjelaskan lagi, agar kamu tidak semakin bingung, simak ulasan perbandingan Oppo A5s dan Oppo A3s yang sudah tim HiTekno rangkum ini ya.

Dapur pacu

Oppo A5s. (Oppo)

 

Soal dapur pacu, Oppo A5s yang datang belakangan sepertinya lebih mengungguli Oppo A3s yang sebelumnya sudah rilis tahun 2018.

Oppo A5s menggunakan MediaTek Helio P35 yang dapat berpacu hingga 2,3 GHz lebih kencang dari chipset yang dibawa oleh Oppo A3s. Di sisi lain, Oppo A3s menggunakan Snapdragon 450 yang dapat dipacu hingga kecepatan 1,8 GHz.

Kalau sudah begini, sudah dipastikan Oppo A5s jauh lebih kencang dengan chipset MediaTek Helio P35 yang dibekali Oppo pada perangkatnya ini.

Melihat pengolah grafisnya, Oppo A5s dan Oppo A3s menggunakan dua sistem yang berbeda. Mediatek dari Oppo A5s mengandalkan GPU PowerVR GE8320, sedangkan Snapdragon milik Oppo A3s mengandalkan Adreno 506.

Memori

Oppo A3s. (Oppo)

 

Entah sengaja atau tidak, Oppo A5s dan Oppo A3s sama-sama datang dengan menggunakan kapasitas memori yang sama.

Oppo A5s dan Oppo A3s sama-sama menggunakan perangkat dengan dua pilihan kapasitas RAM yaitu 2 GB dan 3 GB. Soal memori internal, Oppo A5s dan Oppo A3s juga dibekali dengan memori internal 32 GB.

Sedangkan untuk memori eksternal, Oppo menyediakan microSD dengan kapasitas 32 GB untuk kedua perangkat tersebut.

Sayangnya untuk pasar Indonesia, Oppo A5s dijual hanya untuk kapasitas RAM 2 GB dan memori internal 32 GB. Untuk Oppo A3s dijual di Indonesia dengan kapasitas RAM 3 GB dan memori internal 32 GB

Layar

Oppo A5s. (Oppo)

 

Sama dengan memori, Oppo A5s dan Oppo A3s sama-sama datang dengan menggunakan ukuran layar yang sama persis. Bahkan akan sangat sulit untuk kamu dapat membedakan dua perangkat ini.

Kedua perangkat ini menggunakan layar 6,2 inci dengan resolusi 720 x 1520 piksel dan ratio 19:9.

Tampilan depan perangkat ini sama-sama menggunakan poni berbentuk waterdrop di bagian atas layar, membuat kamu sangat sulit membedakan kedua perangkat ini dalam sekali lihat.

Yang membedakan keduanya hanya pada ukuran berat. Oppo A5s memiliki berat 170 gram lebih berat dari Oppo A3s yang hanya seberat 168 gram.

Mengenai tampilan belakang, Oppo A5s memiliki sensor fingerprint sedangkan Oppo A3s lebih bersih tanpa sensor di bagian belakang.

Body

Oppo A3s. (Oppo)

 

Karena yang membedakan Oppo A5s dan Oppo A3s hanya pada ukuran berat, mengenai ukuran bodi perangkat ini malah sangat sama yaitu 8,2 mm.

Jika Oppo A3s datang dengan pilihan warna muda yang kekinian yaitu red dan dark purple. Maka Oppo A5s membawa dua warna yang lebih dark dan tegas yaitu red dan black.

Untuk kamu yang ingin menggunakan perangkat dengan warna cerah dan muda, Oppo A3s sepertinya cocok di genggamanmu.

Namun, jika kamu menyukai perangkat yang lebih elegan dan dark, Oppo A5s bisa menjadi pilihanmu.

Kamera

Oppo A5s. (Oppo)

 

Oppo tentu menaruh perhatian lebih untuk perangkatnya terutama dalam sektor kamera. Hal yang sama dilakukan pada Oppo A5s dan Oppo A3s.

Perangkat Oppo A5s dan Oppo A3s pada dasarnya memiliki kapasitas kamera yang sama yaitu sama-sama menggunakan kamera depan beresolusi 13 MP dan 2 MP. Sedangkan kamera depan beresolusi 8 MP.

Namun, Oppo A5s sepertinya lebih unggul dari Oppo A3s mengenai kamera depan. Pasalnya, Oppo A5s datang dengan bukaan diafragma yang lebih besar untuk menangkap lebih banyak cahaya yaitu sebesar f/2.2.

Hal ini membuat Oppo A5s lebih tangguh mengambil gambar dalam keadaan minim cahaya.

Baterai

Oppo A3S. (Oppo)

 

Tidak memberikan perbedaan yang berarti, Oppo A5s dan Oppo A3s datang dengan menggunakan kapasitas baterai yang sama yaitu 4.230 mAh.

Kapasitas baterai ini diklaim oleh Oppo super tahan lama hingga 18 jam. Oppo juga menjanjikan performa terbaik perangkatnya dengan baterai 4.230 mAh ini.

Harga

Oppo A5s. (Oppo)

 

Mengenai harga, Oppo A3s yang sudah rilis sebelumnya dibanderol dengan harga Rp 2,6 juta untuk kapasitas RAM 3 GB dan memori internal 32 GB.

Sedangkan Oppo A5s dibanderol dengan harga Rp 1,9 juta untuk kapasitas RAM 2 GB dan memori internal 32 GB.

Cukup berbeda ya perbandingan harga dua perangkat Oppo yang memiliki spesifikasi hampir sama ini.

Kesimpulan

Oppo A5s Vs Oppo A3s. (Oppo)

 

Oppo A5s dan Oppo A3s memang tidak jauh berbeda dari segi spesifikasi dan tampilannya. Namun, secara harga, keduanya justru sangat berbeda.

Dari duel ini dapat disimpulkan bahwa Oppo A5s jelas lebih unggul dari Oppo A3s. Mengingat, perangkat ini datang dengan chipset kencang, kamera depan yang mumpuni, serta harga yang terjangkau.

Untuk spesifikasi Oppo A3s yang di bawah Oppo A5s namun dibanderol dengan harga yang lebih mahal, sepertinya kamu perlu berpikir ulang jika tertarik mencoba Oppo A3s.

Jadi, kamu tim Oppo A5s atau Oppo A3s?

BACA SELANJUTNYA

4 Berita Terkini: Spesifikasi Realme 7i dan Penjualan iPhone SE