Selasa, 27 Oktober 2020
Rima Sekarani Imamun Nissa | Amelia Prisilia : Senin, 25 Maret 2019 | 10:45 WIB

Hitekno.com - Melihat kelas smartphone Rp 2 jutaan, ada dua nama yang sering bersaing mendapatkan hati pasar smartphone. Perangkat tersebut adalah Xiaomi Redmi Note 7 dan Samsung Galaxy M20. Untuk kamu yang masih bingung antara dua perangkat ini, simak perbandingannya ini, ya.

Xiaomi Redmi Note 7 dan Samsung Galaxy M20 merupakan dua perangkat smartphone yang belum lama ini rilis.

Pada dasarnya, Xiaomi Redmi Note 7 dan Samsung Galaxy M20 memiliki kesamaan yang membuat keduanya sangat pantas untuk disandingkan dan dibandingkan.

Pasalnya, Xiaomi Redmi Note 7 dan Samsung Galaxy M20 sama-sama datang untuk target pasar kelas menengah dan tentu saja dengan harga yang hampir sama yaitu Rp 2 jutaan.

Lalu bagaimana perbandingan spesifikasi dua perangkat ini? Simak ulasan tim HiTekno mengenai perbandingan Xiaomi Redmi Note 7 dan Samsung Galaxy M20 ini.

Dapur Pacu

Xiaomi Redmi Note 7. (mi.co.id)

 

Salah satu hal penting dari perangkat smartphone tentunya adalah dapur pacu yang digunakan dan dibawa oleh perangkat tersebut.

Mengenai dapur pacu, Samsung Galaxy M20 dibekali dengan chipset Exynos 7904 yang merupakan buatan Samsung. Dalam kelas Snapdragon, Exynos 7904 ini memiliki tenaga yang sama dengan Snapdragon 636. Samsung mengklaim bahwa perangkatnya ini sangat cocok digunakan untuk bermain game.

Sedangkan Xiaomi Redmi Note 7 ini menggunakan Snapdragon 660. Chipset Qualcomm satu ini merupakan chipset paling unggul dalam persaingan smartphone harga Rp 2 jutaan.

Melihat skor AnTuTu kedua smartphone ini, Samsung Galaxy M20 mencetak angka 107.452. Sedangkat Xiaomi Redmi Note 7 berhasil mengumpulkan angka 144.599.

Memori

Samsung Galaxy M20. (Samsung)

 

Soal memori perangkat, Xiaomi Redmi Note 7 dan Samsung Galaxy M20 rupanya memiliki banyak kesamaan dan sedikit perbedaan.

Xiaomi Redmi Note 7 dan Samsung Galaxy M20 ini sama-sama datang dengan kapasitas RAM 3 GB dan 4 GB. Sedangkan untuk memori internal, Xiaomi Redmi Note 7 dan Samsung Galaxy M20 menggunakan kapasitas 32 GB dan 64 GB.

Namun, kapasitas tersebut untuk versi global. Nyatanya, Samsung membawa RAM 3 GB dan memori internal 32 GB untuk perangkat Galaxy M20 ke Indonesia.

Hal yang membedakan keduanya ada pada eksternal memori yang digunakan. Samsung menyediakan microSD hingga 512 GB untuk Galaxy M20.

Sedangkan Xiaomi hanya menyediakan kapasitas microSD hingga 256 GB untuk Redmi Note 7.

Layar

Xiaomi Redmi Note 7. (mi.co.id)

 

Ukuran Xiaomi Redmi Note 7 dan Samsung Galaxy M20 juga tidak jauh berbeda. Kedua perangkat ini menggunakan layar 6,3 inci.

Selain punya ukuran layar yang sama, Xiaomi Redmi Note 7 dan Samsung Galaxy M20 juga memiliki berat yang benar-benar sama, yaitu 186 gram.

Mengenai tampilan, Xiaomi Redmi Note 7 dan Samsung Galaxy M20 juga punya bentuk yang sama dengan tampilan poni waterdrop di bagian atas layar.

Tampilan belakang Xiaomi Redmi Note 7 dan Samsung Galaxy M20 juga terlihat adanya dua kamera dan fingerprint di body bagian belakang.

Body

Samsung Galaxy M20. (Samsung)

 

Beralih ke body perangkat, Samsung Galaxy M20 tampil lebih besar dengan ukuran 8,8 mm. Sedangkan Xiaomi Redmi Note 7 hanya membawa ukuran 8,1 mm.

Sudah dipastikan jika kedua perangkat ini dirilis untuk pasar milenial yang demen smartphone canggih tapi dengan harga yang murah.

Samsung Galaxy M20 sendiri dirilis dengan dua pilihan warna, yaitu ocean blue dan charcola black. Lebih banyak pilihan warna, Xiaomi Redmi Note 7 punya tiga pilihan warna, antara lain space black, neptune blue, dan nebula red.

Kamera

Xiaomi Redmi Note 7. (mi.co.id)

 

Salah satu hal paling penting dari perangkat smartphone tentunya adalah kamera. Hal yang sama jelas tidak dilupakan untuk vendor smartphone Samsung dan Xiaomi.

Samsung Galaxy M20 misalnya, dibekali dengan konfigurasi dual kamera 13 MP dan 5 MP. Sensor 5 MP pada perangkat ini berfungsi untuk mendapatkan gambar dengan sudut pandang 120 derajat. Kamera depan Samsung Galaxy M20 ini dilengkapi dengan kamera beresolusi 8 MP dengan aperture f/2.0.

Sedangkan Xiaomi Redmi Note 7 membawa kamera besar dengan sensor 48 MP dan 5 MP yang dipadukan dengan kamera depan 13 MP.

Perbandingan kamera Xiaomi Redmi Note 7 dan Samsung Galaxy M20 ini cukup jelas ya, mana yang lebih unggul dari lainnya.

Baterai

Samsung Galaxy M20. (Samsung)

 

Selain kamera, baterai juga dianggap sebagai aspek penting dari perangkat smartphone. Pasalnya, smartphone yang gampang lowbat sering kali membuatmu kesal, kan?

Untuk urusan baterai, Samsung Galaxy M20 mengungguli Xiaomi Redmi Note 7 dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh.

Sedangkat Xiaomi Redmi Note 7 hanya mampu datang dengan kapasitas baterai 4.000 mAh.

Xiaomi Redmi Note 7 dan Samsung Galaxy M20 sama-sama diklaim sudah dibekali dengan fitur fast charging yang mampu mengisi baterai lebih cepat jika dibandingkan dengan smartphone lainnya.

Harga

Xiaomi Redmi Note 7. (mi.co.id)

 

Xiaomi Redmi Note 7 dan Samsung Galaxy M20 sama-sama datang sebagai smartphone kelas menengah dengan harga Rp 2 jutaan.

Membawa RAM 3 GB dan memori internal 32 GB, Samsung Galaxy M20 dijual dengan harga Rp 2,8 juta.

Perangkat Xiaomi Redmi Note 7 sendiri dijual Rp 2 jutaan untuk varian RAM 3 GB, sementara untuk varian RAM 4 GB dijual dengan harga Rp 2,6 jutaan.

Mengenai harga, sepertinya kamu perlu menyesuaikan dengan budget yang kamu punya, ya.

Kesimpulan

Xiaomi Redmi Note 7 VS Samsung Galaxy M20. (Xiaomi, Samsung)

 

Datang dengan body yang lebih besar dan baterai berkapasitas 5.000 mAh, Samsung Galaxy M20 sepertinya siap menyaingi Xiaomi dengan dominasi smartphone harga Rp 2 jutaan.

Sayangnya, Xiaomi dengan Redmi Note 7 cukup menjadi pendatang baru yang kuat dengan chipset mumpuni, kamera beresolusi besar, dan harga yang tentu saja sangat terjangkau.

Dari perbandingan Xiaomi Redmi Note 7 dan Samsung Galaxy M20, kamu tim Samsung atau tim Xiaomi, nih?

BACA SELANJUTNYA

Bawa Kamera 48 MP dan Dibanderol Murah, Ini Spesifikasi Redmi Note 7