Sabtu, 25 Mei 2019

Bocorannya Beredar, Android Q Segera Rilis?

Nantikan kedatangan resmi Android Q ya.

Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia
cover_caption
Ilustrasi Android. (pixabay/knd61)

Hitekno.com - Beberapa bocoran terkait kedatangan Android Q belum lama ini beredar. Bocorannya ini seolah menjadi tanda akan segera rilisnya sistem operasi untuk perangkat Android.

Laporan terbaru bahkan menyebutkan jika Android Q akan segera rilis dalam waktu dekat. Android Q sudah dipastikan akan menggantikan Android Pie yang sebelumnya rilis.

Menurut banyak prediksi, Android Q akan rilis dan secara resmi diperkenalkan dalam gelaran Google I/O yang digelar di Mountain View, Amerika Serikat.

Dilansir dari Ubergizmo, XDA Developers akan memperlihatkan bug tracker Android Q sebagai tanda untuk segera mencicipi sistem operasi ini. Biasanya bug tracker ini digunakan untuk mendeteksi bug yang ditemukan untuk kemudian diperbaiki.

Sebelumnya, XDA Developers sudah menjajal beberapa fitur Android Q seperti desktop, system-wide dark mode, dan beberapa tool privasi yang sudah meningkat.

Ilustrasi Android. (pixabay/mammela)
Ilustrasi Android. (pixabay/mammela)

 

Rumor lain menyebutkan bahwa Android Q akan datang dengan membawa berbagai fitur baru seperti dark mode, dan mengubah sistem perizinan pada Android serta adanya mode desktop.

Nantinya, Android Q menawarkan tema gelap untuk perangkatnya yang dapat diakses melalui perangkat smartphone.

Tema gelap ini nantinya bisa diatur menyesuaikan dengan keinginan pengguna. Atau juga bisa diaktifkan terus menerus.

Fitur tema gelap atau dark mode ini sangat baik untuk kesehatan mata penggunanya. Selain itu dapat menghemat baterai pada perangkat dengan tampilan OLED.

Ilustrasi Android. (pixabay/andrekheren)
Ilustrasi Android. (pixabay/andrekheren)

 

Selanjutnya, fitur perubahan sistem perizinan ini juga menjadi sikap serius Android untuk menjaga celah keamanan perangkatnya.

Nantinya fitur ini akan fokus pada bagaimana perizinan bekerja di Android dalam hal share info lokasi. Pengguna nantinya bisa mengatur apakah lokasi dapat dibatasi hanya saat aplikasi sedang digunakan atau bisa secara umum. Fitur ini sebelumnya sudah disematkan oleh iOS pada perangkat Apple.

Fitur terakhir adalah desktop mode untuk menampilkan layar sekunder. Sejauh ini, baru info tersebut yang muncul dan berkembang.

Sayangnya, hingga kini nama resmi Android Q masih belum diumumkan. Kita nantikan hingga Android memperkenalkan nama resmi Android Q ya.

Terkait

Terkini