Jum'at, 26 April 2019

Buka Lowongan Bidang Wearable, Google Diprediksi Rilis Jam Tangan Pintar

Sebelumnya, Januari kemarin Google sudah menggelontorkan dana senilai 40 juta dolar untuk Fossil.

Dinar Surya Oktarini
cover_caption
Proyek Soli Google, (YouTube/The Verge)

Hitekno.com - Mesin pencari Google diduga akan terjun ke pasar smartwatch atau jam tangan pintar setelah membuka lowongan kerja untuk dua posisi baru yakni Vice President, Hardware Engineering, Wearables dan Wearables Design Manager, Consumer Hardware.

Dilansir dari laman The Verge, pasar smartwatch belum terlalu ketat dan karenanya masuk akal jika Google ingin masuk dan menjadi pemain dominan di dalamnya bersaing dengan Apple serta Samsung.

Sayangnya Google enggan berkomentar mengenai lowongan kerja baru dan rumor soal smartwatch itu.

Omron HeartGuide sudah mendapatkan sertifikat dari FDA. (Wearable Technology)
Ilustrasi smartwatch. (Wearable Technology)

 

Kabar mengenai jam tangan pintar bukan pertama kalinya muncul. Tahun lalu, rumor ini sangat kencang sampai-sampai salah satu direktur teknik Google, Miles Barr, sampai mengeluarkan pernyataan untuk membantahnya.

''Saya kira kami belum memikirkan untuk memproduksi jam tangan pintar. Fokus kami adalah pada mitra kami untuk saat ini,'' jelas Barr pada Agustus 2018 lalu.

Meski demikian sulit untuk menyingkirkan dugaan bahwa Google sedang merancang sebuah produk wearable seperti jam tangan pintar.

Ada dua alasan lain selain lowongan pekerjaan di atas. Pertama, nama-nama sandi seperti ''medaka'' dan ''salmon'' sudah banyak ditemukan dalam kode open-source Android. Perlu dicatat, Google biasanya menggunakan nama-nama ikan untuk produk-produk hardware-nya.

Selain itu, perlu dicatat bahwa pada Januari kemarin Google sudah menggelontorkan dana senilai 40 juta dolar untuk mengambil alih beberapa teknologi jam tangan pintar Fossil. Google juga bahkan membajak orang-orang yang mengembangkan teknologi tersebut.(Suara.com/Lintang Siltya Utami)

Terkait

Terkini