Minggu, 29 November 2020

Power Bank Meledak di dalam Pesawat, Penumpang Panik

Asap dari ledakan power bank tersebut memenuhi kabin pesawat.

Dinar Surya Oktarini
cloud_download Baca offline
Ilustrasi power bank. (Pixabay/StockSnap)
Ilustrasi power bank. (Pixabay/StockSnap)

Hitekno.com - Membawa power bank saat ini sudah menjadi hal biasa, terutama saat di perjalanan jauh yang tak memiliki terminal listrik. Namun baru-baru ini membawa power bank selama penerbangan juga dibatasi.

Tak sembarangan power bank bisa dibawa selama penerbangan. Pasalnya membawa power bank di dalam pesawat dianggap berbahaya dan berpotensi kejadian yang tak menguntungkan. Seperti yang terjadi di pesawat Royal Brunei Airlines di mana telah dilaporkan power bank meledak di tengah penerbangan.

Dilansir dari AsiaOne, kejadian ini pertama kali diunggah oleh pengguna Facebook bernama Francis Ngu Hown Hua.

Power bank meledak di pesawat. (Facebok/Francis Ngu Hown Hua)
Power bank meledak di pesawat. (Facebok/Francis Ngu Hown Hua)

 

Diketahui kejadian power bank meledak di dalam pesawat Royal Brunei penerbangan Hong Kong menuju Bandar Seri Begawan, Brunei.

Untungnya insiden ini ditangani dengan cepat dan baik oleh awak kabin yang sedang bertugas. Meski asap dari kebakaran tersebut memenuhi kabin pesawat dan sempat membuat panik penumpang lainnya.

Francis mengunggah video yang menunjukkan kebranian awaka kabin menyemprotkan pemadam. Sedangkan beberapa penumpan terlihat panik dan berdiri menjauh dari lokasi kejadian meledaknya power bank tersebut.

Dalam sebuah pernyataanya awak kabin maskapai Royal Brunei sudah dilatih untuk mengikuti operasi standar menangani insiden seperti itu.

''Awak kabin kami dilatih untuk mengikuti prosedur operasi standar untuk menangani insiden seperti itu secara profesional dan untuk memastikan keselamatan tamu kami setiap saat. Kami membawa peralatan keselamatan yang direkomendasikan di atas kapal setiap saat," komentar maskapai atas insiden ini.

Power bank meledak di pesawat. (Facebok/Francis Ngu Hown Hua)
Power bank meledak di pesawat. (Facebok/Francis Ngu Hown Hua)

 

Penanganan awak kabin maskapai Royal Brunei ini bisa dapat diacungi jempol pasalnya maskapai ini mengutamakan priorotas utama penumpan mereka dan mengingatkan semua penumpang untuk mematuhi panduan barang berbahaya untuk dibawa ke bagasi.

Diketahui insiden ini tak menyebabkan korban jiwa, dan semua penumpang turun dari pesawat dengan aman. Bahkan penerbangan dapat tiba di bandara tepat waktu.

Kejadian ini lantas menjadi viral di Facebook dan sudah dibagikan lebih dari empat ribu kali.

Insiden meledaknya power bank di dalam pesawat ini semoga bisa menjadi pelajaran untuk lebih berhati-hati membawa barang saat berpergian.

Terkait

Terkini