Senin, 26 Agustus 2019

Agar Siswa Tak Bolos Sekolah, Kini Ada Seragam Pintar

Membantu sih, tapi...

Agung Pratnyawan
cover_caption
Ilustrasi seragam sekolah. (Pixabay/Chen Feng)

Hitekno.com - Siswa bolos sekolah masih saja jadi permasalahan hingga kini. Namun untungnya, ada yang cerdik dengan membuat seragam pintar.

Guanyu Technology, sebuah perusahaan dari Cina membuat seragam pintar untuk mengatasi masalah bolos sekolah ini. Dengan seragam ini, siswa tak lagi-lagi berani bolos.

Apa yang membuat seragam ini disebut seragam pintar? Ya, pasti karena seragam ini disematkan sederet teknologi kekinian.

Seragam pintar dengan chip didalamnya. (Guanyu Technology)
Seragam pintar dengan chip didalamnya. (Guanyu Technology)

 

Seragam pintar ini disematkan dua buah chip di bagian bahunya. Chip ini digunakan sebagai identifikasi dan pelacak menggunakan GPS.

Chip ini akan memberikan peringatan kepada guru jika ada muridnya yang meninggalkan sekolah ketika jam pelajaran berlangsung.

Tak cukup itu, siswa yang kabur dari sekolah ini bisa dilacak keberadaannya lewat GPS yang tertanam dalam seragam pintar ini.

Seragam ini juga terhubung dengan sistem pengenal wajah yang dipasangkan di gerbang sekolah. Kamera akan merekam video 20 detik setiap melewati gerbang.

Video ini bisa diakses oleh orangtua siswa, sehingga mereka memantau apakah anaknya benar masuk sekolah atau tidak.

Orangtua bisa mengetahui keberadaan anaknya di sekolah lewat aplikasi. (Guanyu Technology)
Orangtua bisa mengetahui keberadaan anaknya di sekolah lewat aplikasi. (Guanyu Technology)

 

Dengan dipasangi teknologi canggih dan chip ini, apakah aman untuk dicuci? Guanyu Technology mengklaim kalau seragam pintar ini aman dicuci hingga 500 kali.

Perusahaan Cina ini menjual seragam pintar ini dengan harga 158 yuan atau sekitar Rp 335 ribu. Sekolah bisa mewajibkan orangtua siswa untuk membelinya.

Seragam pintar ini sempat mendapatkan tanggapan negatif dari netizen Cina. Netizen mengkritik kalau seragam ini lebih cocok diterapkan untuk di penjara.

Dikutip dari Abacus News, beberapa sekolah di Cina sendiri telah mengadopsi teknologi canggih seperti seragam pintar ini.

Namun menurut salah satu sekolah, mereka hanya mengawasi keberadaan siswanya lewat GPS hanya ketika jam pelajaran berlangsung saja.

Guanyu Technology juga mengklaim kalau seragam pintar ini tak hanya mencegah siswa bolos sekolah, tapi juga menjaga keamanan mereka.

Terkait

Terkini