Selasa, 26 Mei 2020
Agung Pratnyawan : Selasa, 18 Desember 2018 | 17:30 WIB

Hitekno.com - Dalam Samsung Developer Conference, perusahaan Korea Selatan ini memperkenalkan antarmuka (UI) baru mereka. Yaitu Samsung One UI, yang diklaim punya banyak pembaruan.

Sebelumnya, smartphone mereka telah memakai Samsung Experience sebagai antarmuka. Dan nantinya bakal berganti ke Samsung One UI untuk seri-seri mendatang.

Samsung sendiri mengklaim One UI ini lebih mengedepankan pada kenyamanan pengguna. Samsung juga membuatnya lebih rapi yang memudahkan pengguna bernavigasi dengan cepat dan mudah.

Samsung One UI. (Samsung)

 

Samsung One UI memiliki tampilan yang dibagi menjadi dua bagian. Yang pertama satu bagian teks besar di setengah tampilan atas smartphone yang dilengkapi search bar dan tombol setting.

Di bagian bawah, samsung meletakan opsi lain yang mempermudah pengguna untuk mengakses dengan satu tangan tanpa harus menjangkau ke atas layar.

Dalam sisi aplikasi, Samsung mengubahnya menjadi dua pula. Contohnya aplikasi Message yang bagian atas sebagai viewing area dengan huruf besar dan search bar.

Sementara bagian bawah jadi tempat berbagai opsi seperti daftar isi, nama dan foto pengirim. Ini dipercaya mempermudah pergerakan tangan pengguna.

Aplikasi Messages di Samsung One UI. (Samsung)

 

Samsung One UI juga memberikan opsi mode gelap untuk mempermudah dan membuat nyaman dalam membaca. Mode ini juga untuk menghemat baterai.

Dilansir dari Digitaltrends, tema warna yang dipakai antarmuka Samsung One UI ini bisa diseragamkan dengan warna fisik smartphone nantinya.

Jika smartphone Samsung yang dipakai warna ungu, maka antarmuka akan menampilkan lebih banyak warna ungu. Begitu juga dengan warna smartphone Samsung lainnya.

Nantinya, Samsung One UI ini tak cuma hadir di smartphone baru. Juga hadir ke smartphone Samsung Galaxy S, Galaxy S9 Plus, dan Note 9.

Lebih tepatnya, deretan smartphone Samsung di atas bisa menikmati pada Januari 2019. Yang diduga Samsung One UI ini bersamaan dengan update Android 9 Pie.