Rabu, 23 September 2020
Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia : Minggu, 16 Desember 2018 | 15:00 WIB

Hitekno.com - Kota Jogja memang menjadi salah satu kota di Indonesia yang sering kebanjiran turis dan wisatawan terutama saat liburan akhir tahun. Bagaimana tidak? Kota gudeg ini punya banyak wisata yang sepertinya tidak pernah habis dikunjungi. Jika saat ini kamu sedang ingin berkunjung ke Jogja dalam rangka liburan akhir tahun, empat aplikasi ini wajib banget kamu punya.

Sadar betul akan potensi wisata yang tinggi, rupanya pemerintah Jogja cukup peka dan berusaha memberikan pelayanan terbaiknya untuk para turis dan wisatawan.

Selain pemerintah yang sadar dengan hal ini, rupanya beberapa developer aplikasi di Kota Jogja juga ikut tertarik untuk memberikan rasa nyaman bagi warga, turis dan wisatawan yang berkunjung dan ada di kota ini.

Hal ini terbukti dari beberapa aplikasi yang diciptakan untuk menunjang sekaligus membantu para turis dan wisatawan.

Untuk menggunakannya juga sangat mudah, kamu hanya perlu mengunduh deretan aplikasi tersebut secara gratis di App Store dan Google Play Store.

Lalu apa saja aplikasi yang wajib banget kamu punya saat berkunjung ke Jogja, berikut tim HiTekno rangkum untuk kamu.

1. Jogja Istimewa

Jogja Istimewa. (Google Play Store/Jogja Istimewa)

 

Aplikasi pertama yang wajib banget kamu install saat berkunjung ke kota gudeg ini adalah Jogja Istimewa.

Jogja Istimewa adalah aplikasi buatan Pemda DIY yang bekerja sama dengan Gamatechno ini secara khusus memberikan informasi mengenai wisata, kuliner, hotel dan penginapan, pusat perbelanjaan, ensiklopedia tentang warisan budaya, kerajinan, layanan publik, hingga streaming CCTV Jogja.

Seluruh informasi di atas sudah tentu merupakan hal yang paling dibutuhkan oleh turis dan wisatawan yang berkunjung ke Jogja.

Untuk kamu yang pertama kali berkunjung ke Jogja, tidak perlu khawatir hilang arah. Langsung download aplikasi Jogja Istimewa ini ya.

2. Info Jogja

Info Jogja. (Google Play Store/Info Jogja)

 

Aplikasi selanjutnya bernama Info Jogja ini dapat kamu unduh secara gratis di Play Store dengan kapasitas sebesar 5.8 MB saja.

Sama seperti aplikasi Jogja Istimewa, Info Jogja ini juga memberikan beragam info mengenai wisata, kuliner, hingga berbagai event di Kota Jogja.

Tidak hanya di Kota Jogja, aplikasi ini juga menjangkau daerah Kabupaten Bantul, Kabupaten Sleman, Kabupaten Kulon Progo, hingga Kabupaten Gunung Kidul lho.

3. Jogja Guide

Jogja Guide. (Google Play Store/Jogja Guide)

 

Sesuai namanya, aplikasi ini dibuat khusus untuk kamu yang ingin berkunjung dan wisata di Kota Jogja. Aplikasi buatan Adidian ini dapat kamu download dengan ukuran 6.1 MB.

Punya kegunaan yang sama dengan beberapa aplikasi di atas, dengan aplikasi Jogja Guide, kamu bisa memilih lokasi wisata terdekat berdasarkan kategori wisata yang kamu ingin kunjungi.

Lebih lengkap, aplikasi Jogja Guide ini juga menyediakan informasi mengenai taksi hingga money changer.

4. JogjaBike

JogjaBike. (Google Play Store/JogjaBike)

 

Berbeda dari ketiga aplikasi di atas, JogjaBike merupakan aplikasi bike sharing yang memberikan kemudahan untuk wisatawan dan turis yang ingin berkeliling kawasan Malioboro di Jogja dengan menggunakan sepeda.

Aplikasi ini dibuat oleh Dycode berdasarkan ide dari tiga orang alumni SMAN 3 Yogyakarta yaitu Triyanto, Jaka Susanta, dan M. Aditya Arif Nugraha yang saat ini menjabat sebagai CEO Jogja Bike.

Untuk dapat mengakses JogjaBike, pengguna hanya perlu mengunduh aplikasinya di Google Play Store secara gratis dan mengunjungi shelter Jogja Bike yang berada di kawasan Malioboro.

Itu tadi empat aplikasi yang wajib banget kamu download saat berkunjung ke Kota Jogja. Selamat liburan akhir tahun!

BACA SELANJUTNYA

TikTok Bermasalah, Pengguna Harian Aplikasi Dauyin Meningkat 50 Persen