Senin, 01 Juni 2020
Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia : Jum'at, 07 Desember 2018 | 21:30 WIB

Hitekno.com - Ponsel BlackBerry memang sempat booming dan mencuri perhatian para pengguna pada masa kejayaannya. Bentuknya yang unik dengan fitur BlackBerry Messenger miliknya, ponsel ini sukses booming dan populer.

Usai pasar ponsel dikuasai oleh perangkat Nokia dan lain-lain, BlackBerry bergabung dan langsung menguasai pasar ponsel pada masa tersebut.

Keunggulan ponsel ini adalah bisa bertukar pin antar sesama pengguna BlackBerry. Siapa saja, pasti sangat menyukai fitur satu ini.

Untuk sedikit throwback, berikut tim HiTekno rangkum 5 ponsel BlackBerry yang sempat booming. Simak ya, siapa tahu salah satunya pernah kamu gunakan.

1. BlackBerry Quark

BlackBerry Quark. (Wikipedia/KeithTyler)

 

Seri ponsel BlackBerry ini pertama kali rilis pada tahun 2003 dan menjadi awal munculnya ponsel ini. Di awal kemunculannya, ponsel ini tidak mampu mencuri perhatian pasar.

Hal ini karena harganya yang cukup mahal hingga mencapai jutaan rupiah pada masa tersebut.

Walaupun tergolong ponsel jadul, BlackBerry Quark ini sudah cukup canggih. Apalagi spesifikasi ponsel ini sekilas hampir serupa dengan Nokia 3310.

2. BlackBerry Pearl

BlackBerry Pearl. (Wikipedia/Neon Genesis Pop)

 

Berbicara mengenai BlackBerry, kamu akan langsung mengingat keyboard Qwerty miliknya yang begitu identik dengan ponsel ini. Pada perangkat BlackBerry Pearl, vendor ponsel ini hadir tanpa keyboard Qwerty.

Bentuknya yang nyaman dan lunak, BlackBerry Pearl termasuk ponsel canggih karen hadir dengan fitur GPS.

Pada masanya, BlackBerry Pearl dijual dengan harga yang cukup mahal, yaitu sekitar Rp 2 jutaan.

3. BlackBerry Curve

BlackBerry Curve. (Wikipedia/A7N8X)

 

BlackBerry Curve menjadi titik balik vendor ponsel ini. Pasalnya seri ini begitu diminati di pasar smartphone. Semua anak muda pada masanya pasti pernah menggunakan BlackBerry Curve ini.

Bentuknya yang unik dan ramping membuat perangkat ini begitu digilai. Selain itu, BlackBerry Curve juga nyaman saat digenggam dan dibawa ke mana saja.

4. BlackBerry Bold

BlackBerry Bold. (Wikipedia/Evan-Amos)

 

Seri berikutnya dari BlackBerry yang sempat booming adalah BlackBerry Bold yang diluncurkan setelah BlackBerry Curve. Hadir dengan bahan logam, BlackBerry Bold terlihat begitu elegan dan menonjol dengan trackpad yang tidak mudah rusak.

Pada tahun 2012, BlackBerry Bold sempat sukses mengalahkan kepopuleran iPhone lho.

5. BlackBerry Storm

BlackBerry Storm. (Wikipedia/aaltonen)

 

Perlahan, pasar ponsel berkembang dengan menggunakan layar sentuh. Tidak mau ketinggalan, BlackBerry juga akhirnya merilis desain serupa dengan kehadiran BlackBerry Storm.

Sayangnya, BlackBerry Storm tidak mampu menandingi gelombang smartphone kekinian yang muncul. Disebut sebagai akhir BlackBerry, seri ini menjadi smartphone terakhir yang dirilis oleh vendor ponsel ini.

Itu tadi deretan ponsel BlackBerry yang sempat booming pada masanya. Di antara deretan tadi, mana ponsel BlackBerry yang pernah kamu gunakan?