Minggu, 29 November 2020

Keluar Dari Zona Nyaman, Apple Rilis iPad Pro Terbaru

Bukan Apple namanya kalau produknya tidak super canggih.

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia
cloud_download Baca offline
iPad Pro. (Apple)
iPad Pro. (Apple)

Hitekno.com - Dalam Apple Event yang diadakan di Brooklyn pada Selasa (30/10/2018) waktu setempat, Apple resmi merilis tiga produk anyarnya, MacBook Air, Mac Mini, serta iPad Pro.

Ketiga produk anyar Apple ini tentu datang dengan membawa perubahan yang signifikan dan menarik. Bukan Apple namanya kalau produknya tidak super canggih.

Beberapa perubahan super canggih tersebut antara lain, grafis dan CPU di MacBook Air, prosesor, RAM, dan flash storage untuk Mac Mini, dan perubahan desain di iPad Pro.

Salah satu yang menarik dari ketiga produk yang dirilis adalah iPad Pro. Secara visual, iPad Pro hadir dengan perubahan besar di tampilannya. Meninggalkan zona nyaman, iPad Pro tampil tanpa home button dan layar penuh.

Keputusan meninggalkan home button rupanya mengundang banyak tanya, mengingat lingkaran kecil tersebut sudah sangat ikonik dari berbagai seri iPad. Namun, Apple punya alasan kuat untuk hal ini, yaitu karena bezel yang diusung iPad Pro lebih tipis layaknya beberapa iPhone seri teranyar.

iPad Pro. (Apple)
iPad Pro. (Apple)

 

Tanpa home button, secara tidak langsung membuat Apple menyatakan keseriusannya untuk meninggalkan fitur sensor sidik jari dan beralih ke sensor wajah, Face ID.

Soal layar, Apple membenamkan teknologi Liquid Retina Display layaknya iPhone XR. iPad Pro juga hadir dengan dua versi, yaitu layar 11 inci dengan penyimpanan 64 GB dan 12,9 inci dengan penyimpanan 64 GB.

Makin canggih nggak?

Perubahan tidak berhenti sampai disitu, Apple juga mengubah desain tepian iPad Pro lho. Tepian perangkat ini dibuat lebih patah bukan melengkung layaknya seri sebelumnya. Kamu akan kembali dibuat nostalgia dengan desain elegan iPhone 4 hingga iPhone 5S di iPad Pro ini.

Sepertinya Apple benar-benar keluar dari zona nyaman dengan beberapa perangkat terbarunya. Setelah meninggalkan home button, Apple kini mulai meninggalkan port Lightning dan menggunakan USB Type-C yang lebih universal. USB Type-C ini sebelumnya dapat kamu temui pada MacBook.

iPad Pro. (Apple)
iPad Pro. (Apple)

 

Belum selesai, Apple juga memilih meninggalkan jack audio 3,5 mm pada iPad Pro ini. Untuk yang satu ini, sepertinya Apple berharap agar pengguna segera beralih dengan menggunakan earphone tanpa kabel yang mengandalkan koneksi Bluetooth.

Secara fisik sudah membuatmu cukup ngiler belum?

Soal dapur pacu, iPad Pro menanamkan prosesor Apple A12X Bionic yang masih satu keluarga dengan prosesor yang digunakan oleh seri iPhone terbaru.

Apple memberikan peningkatan kinerja single-core sebesar 35 persen lebih cepat pada A12X Bionic ini. Kinerja multi-core prosesor ini mampu bekerja lebih cepat 90 persen dari beberapa iPad generasi sebelumnya.

Untuk kamu yang doyan Photoshop, iPad Pro sepertinya dibuat khusus untukmu. Perangkat ini dilengkapi dengan GPU 7 inti yang mampu menjalankan tugas berat dengan performa yang lebih baik.

iPad Pro. (Apple)
iPad Pro. (Apple)

 

Menyempurnakan kecanggihan iPad Pro terbarunya ini, Apple membenamkan magnet pada bagian luar perangkat yang berfungsi sebagai tempat menempelkan pena digital Apple Pencil.

Canggihnya, saat Apple Pencil ditempelkan ke bodi iPad, maka Pencil akan secara otomatis mengisi daya secara nirkabel.

Sudah semakin tertarik untuk mencoba perangkat terbaru Apple ini?

Soal harga, iPad Pro untuk versi 11 inci dan memori penyimpanan 64 GB dijual seharga 799 dolar AS atau sekitar Rp 12 juta . Sedangkan versi 12,9 inci dengan memori penyimpanan 64 GB dijual seharga 999 dolar AS atau sekitar Rp 15,2 juta.

iPad Pro ini sudah bisa dipesan secara online sejak Selasa (30/10/2018) di sejumlah negara dan akan langsung dijual di toko fisik pada Rabu (07/11/2018).

Terkait

Terkini