Rabu, 27 Mei 2020
Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta : Rabu, 24 Oktober 2018 | 13:00 WIB

Hitekno.com - Sebuah start-up yang bernama North sepertinya sedang mempersiapkan kacamata pintar. Tak seperti kacamata pintar biasanya, Focals terlihat seperti kacamata klasik pada umumnya.

Perusahaan kecil itu sepertinya akan menantang para raksasa teknologi yaitu Google dan Intel. Seperti yang telah diketahui, kedua perusahaan itu juga membuat kacamata pintar, Google Glass dan Vaunt.

Namun sayangnya kedua produk itu tak diluncurkan di kalangan konsumen.

Start-up yang dikenal sebagai North memperkenalkan sebuah kacamata pintar yang bisa dirasakan langsung oleh konsumen.

Ilustrasi tampilan Focals. (ByNorth)

 

Dikembangkan oleh Thalmic Labs, kacamata pintar yang diberi nama Focals ini sangat elegan dan mirip dengan kacamata biasa pada umumnya.

North sangat percaya diri bahwa produk baru mereka bisa menarik banyak konsumen dengan desain ''sederhana'' namun elegan.

Kacamata pintar ini dibanderol dengan harga 1.000 dolar AS atau Rp 15,2 juta. Konsumen dapat membeli Focals dan memesannya sekarang melalui website resmi mereka ByNorth.com.

Perangkat akan dikirimkan ke konsumen pada akhir tahun 2018. Dikutip dari CNBC, Focals dapat terhubung melalui Bluetooth dan memiliki sebuah proyektor kecil.

Desain klasik kacamata pintar Focals. (ByNorth)

 

Proyektor itu akan memancarkan data melalui mata pengguna sehingga mereka dapat melihat semua menu dan fitur yang tersedia.

Focals dapat memberi tahu pengguna mengenai prediksi cuaca, waktu, membaca pesan teks, dan bahkan memesan Uber.

Perangkat ini dapat terhubung ke Alexa sehingga pengguna dapat menanyakan arah atau informasi secara akurat.

Meski tergolong perusahan kecil dibandingkan dengan Google dan Intel, North merupakan sebuah perusahaan yang tak bisa dianggap remeh.

Desain klasik kacamata pintar Focals. (ByNorth)

 

Sejak empat tahun yang lalu, North sudah menghimpun dana lebih dari 140 juta dolar AS atau Rp 2,1 triliun.

Para investor yang mendanai North termasuk Amazon Alexa Fund, Spark Capital, dan Y Combinator.

Focals diprediksi akan memberikan warna baru kepada konsumen mengingat desainnya yang sangat klasik meski tergolong kacamata pintar.