Rabu, 20 Januari 2021

Huawei Luncurkan Kirin 710, Prosesor Irit Daya

Kirin 710 merupakan chipset pertama Huawei yang mengusung sistem pemrosesan 12 nm.

Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta
cloud_download Baca offline
Sumber: Gizmochina
Sumber: Gizmochina

Hitekno.com - Setelah beberapa waktu lalu Huawei kedapatan sedang mengerjakan prosesor baru untuk perangkat kelas menengah, informasi resmi kini tersedia. Huawei dilaporkan telah meluncurkan Kirin 710 sebagai prosesor baru yang bertarung di segmen smartphone menengah.

Kirin 710 merupakan chipset pertama Huawei yang mengusung sistem pemrosesan 12 nm. Ukuran pemrosesan yang lebih kecil dapat diartikan sebagai adanya peningkatan signifikan dalam konsumsi daya dan kinerja.

Huawei mengklaim perangkat terbarunya akan lebih cepat daripada Kirin 659. Prosesor kelas menengah milik Huawei tersebut masih menggunakan sistem pemrosesan 16 nm.

Sumber: Gizmochina
Sumber: Gizmochina

Dikutip dari Gizmochina, single core milik Kirin 710 memiliki 75 % kinerja lebih tinggi daripada Kirin 659. Multi core-nya juga unggul dengan peningkatan kinerja sebesar 68%.

Chipset tersebut terdiri dari empat core Cortex-A73 dengan clock speed mencapai 2,2 GHz dan empat core Cortex-A53 clock speed 1.7GHz.

Chipset sudah termasuk GPU ARM Mali G5 yang diklaim memiliki kinerja 1,3 kali lebih baik daripada GPU milik Kirin 659. Chipset ini juga lebih hemat energi dan efisien dibanding produk sebelumnya.

Sumber: ZaxTimes
Sumber: ZaxTimes

Kirin 710 sudah mendukung konektivitas LTE Cat 12 dan Cat 13 serta dual SIM dual 4G VoLTE.

Pemrosesan sinyal gambar dan sinyal digital akan lebih baik lagi bekat teknologi terbaru yang ditanamkan Huawei. Chipset juga mendukung peningkatan kinerja kamera dalam kondisi cahaya rendah. Terdapat dukungan fitur scene recognition and Face Unlock untuk smartphone kelas menengah ini.

Sumber: Gizmochina
Sumber: Gizmochina

Smartphone pertama yang menggunakan prosesor ini adalah Huawei Nova 3. Ponsel menengah Huawei itu akan datang dengan layar sebesar 6,3 inci dan resolusi 2240 x 1080 piksel.

RAM sebesar 6 GB dan akan datang dengan dua pilihan memori internal. Terdapat dua versi ponsel akan datang dengan memori internal 64 GB dan 128 GB.

Huawei Nova 3 yang mendukung Kirin 710 diprediksi akan debut pada akhir bulan Juli.

Terkait

Terkini